Home Page About Stuff Friend Section Rules

Kamis, 16 April 2015

Sumber Daya Alam di Pulau Kalimantan


Lambang Kalimantan Tengah
Negara indonesia terkenal dengan kekayaan sumber daya alamnya. salah satunya Pulau Kalimantan. Apa saja SDA yang ada di sana?


KALIMANTAN TENGAH
Keanekaragaman SDA Hayati
  • Flora Resmi :  Kasturi (mangifera Casturi)
  • Fauna Resmi : (Nasalis Larvatus)
Sumber Daya Alam
  • Hutan tetap seluas 139.315  ha
  • Hutan produksi seluas 1.325.024 ha
  • Hutan lindung seluas 139.315 ha
  • Hutan konvensi seluas 348.919 ha
Sementara Areal Perkebunan Meliputi
  • Perkebunan negara seluas 229.541 ha

Bahan-bahan tambang
  • Batu bara
  • Minyak bumi
  • Pasir kuarsa
  • Biji besi


KALIMANTAN TIMUR

Salah satu kawasan Hutan hujan tropis di Pujungan, Malinau.Kalimantan Timur merupakan provinsi terluas di Indonesia dengan luas wilayah kurang lebih 245.237,80 km² atau sekitar satu setengah kali Pulau Jawa dan Madura atau 11% dari total luas wilayah Indonesia. Provinsi ini berbatasan langsung dengan negara tetangga, yaitu Negara Bagian Sabah dan Serawak, Malaysia Timur. [14]

Keanekaragaman Hayati

Di Kalimantan Timur kira-kira tumbuh sekitar 1000-189.000 jenis tumbuhan antara lain anggrek hitam yang harga per bunganya dapat mencapai Rp, 100.000,- hingga Rp, 500.000,-

Sumber Daya Alam

Masalah sumber daya alam di sini terutama adalah penebangan hutan ilegal yang memusnahkan hutan hujan, selain itu Taman Nasional Kutai yang berada di Kabupaten Kutai Timur ini juga dirambah hutannya. Kurang dari setengah hutan hujan yang masih tersisa, seperti Taman Nasional Kayan Mentarang di bagian utara provinsi ini. Pemerintah lokal masih berusaha untuk menghentikan kebiasaan yang merusak ini.

Kondisi dan Sumber Daya Alam

Kondisi Alam

Bagian Utara terdiri Pegunungan Muller Swachner dan perbukitan, bagian Selatan dataran rendah, rawa dan paya-paya. Berbatasan dengan tiga Provinsi Indonesia, yaitu Kalimantan Timur, Selatan dan Barat serta Laut Jawa. Wilayah ini beriklim tropis lembab yang dilintasi oleh garis equator.

Keanekaragaman Hayati

Banyak yang belum diketahui, dengan ragam wilayah pantai, gunung/bukit, dataran rendah dan paya, segala macam vegetasi tropis mendominasi alam daerah ini. Orangutan merupakan hewan endemik yang masih banyak di Kalimantan Tengah, khususnya di wilayah Taman Nasional Tanjung Puting yang memiliki areal mencapai 300.000 ha di Kabupaten Kotawaringin Barat dan Seruyan. Terdapat beruang, landak, owa-owa, beruk, kera, bekantan, trenggiling, buaya, kukang, paus air tawar (tampahas), arwana, manjuhan, biota laut, penyu, bulus, burung rangkong, betet/beo dan hewan lain yang bervariasi tinggi.

Sumber Daya Alam

Hutan mendominasi wilayah 80%. Hutan primer tersisa sekitar 25% dari luas wilayah. Lahan yang luas saat ini mulai didominasi kebun Kelapa Sawit yang mencapai 700.000 ha (2007). Perkebunan karet dan rotan rakyat masih tersebar hampir diseluruh daerah, terutama di Kabupaten Kapuas, Katingan, Pulang Pisau, Gunung Mas dan Kotawaringin Timur.
Banyak ragam potensi sumber alam, antara lain yang sudah diusahakan berupa tambang batubara, emas, zirkon, besi. Terdapat pula tembaga, kaolin, batu permata dan lain-lain.

Thanks for reading, Sweetie!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar